Akibat pemadaman listrik, genset siaga siap saat kita sangat membutuhkannya… setidaknya itulah yang kita harapkan. Seperti halnya mesin apa pun, genset tidak dapat 100% dapat diandalkan, halaman ini akan membahas beberapa alasan umum mengapa genset diesel gagal dihidupkan dan yang paling penting, bagaimana mengurangi risiko kegagalan Genset Susah di Starter.
Genset siaga sering kali jarang dioperasikan, artinya pengujian bulanan dan rencana servis sangat penting untuk memastikan tidak terjadi masalah yang tidak diketahui oleh operator. Mari kita lihat alasan paling umum mengapa genset tidak dapat dihidupkan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hal ini terjadi di masa mendatang.
1.. Kegagalan Baterai /aki
Salah satu alasan paling umum genset susah di starter / tidak akan hidup adalah karena kegagalan baterai / aki. Seringkali ini dapat disebabkan oleh sambungan yang longgar atau penumpukan sulfat (penumpukan kristal timbal sulfat pada pelat baterai timbal-asam). Ketika molekul sulfat dalam elektrolit (asam baterai) menjadi sangat habis sehingga menyebabkan penumpukan yang menutupi pelat yang menyebabkan baterai tidak dapat memberikan arus yang cukup.Kegagalan baterai juga dapat terjadi karena pemutus pengisi daya terbuka tidak dapat dioperasikan, biasanya karena kesalahan di dalam unit pengisi daya baterai itu sendiri atau suplai AC terputus oleh pemutus arus yang tersandung. Hal ini sering terjadi setelah dilakukan servis atau perawatan saat charger dimatikan dan tidak dihidupkan kembali. Sebaiknya periksa ulang sistem generator setelah servis atau pemeliharaan dilakukan untuk memastikan pemutus arus suplai pengisi daya berada pada posisi yang benar.
Akhirnya, kegagalan baterai bisa disebabkan oleh koneksi yang kotor atau longgar. Sambungan perlu dibersihkan dan dikencangkan secara teratur untuk mencegah potensi kegagalan.
Kami menyarankan Anda mengganti baterai Anda setiap tiga tahun untuk mengurangi risiko kegagalan.
2. Tingkat Pendingin Rendah
Tanpa pendingin radiator, mesin akan segera menjadi terlalu panas, menyebabkan kerusakan mekanis dan kegagalan mesin. Level cairan pendingin harus diperiksa secara teratur dengan memeriksa secara visual apakah ada genangan cairan pendingin. Warna cairan pendingin bervariasi tergantung pada pabrikan meskipun paling sering akan terlihat merah.
Inti radiator yang terpasang secara internal juga dapat menyebabkan pemadaman level cairan pendingin yang rendah. Ketika genset beroperasi di bawah beban, termostat terbuka sepenuhnya ketika mesin mencapai suhu operasi optimal, yang berarti radiator tidak dapat mengalirkan jumlah yang tepat melalui inti. Karena pendingin harus pergi ke suatu tempat, ia keluar melalui saluran luapan. Saat mesin mendingin dan termostat menutup, level turun dan mengaktifkan shutdown level cairan pendingin rendah ke genset. Karena ini hanya terjadi ketika generator telah mencapai suhu operasi optimal di bawah beban, disarankan agar Anda menguji genset Anda dengan bank beban eksternal dengan beban yang cukup untuk mencapai nilai suhu yang dibutuhkan untuk membuka termostat.
3. Campuran Bahan Bakar Buruk
Seringkali alasan genset Anda tidak mau hidup terkait dengan bahan bakar. Campuran bahan bakar yang buruk dapat terjadi dalam beberapa cara:
- Ketika bahan bakar Anda habis, mesin menerima udara tetapi tidak ada bahan bakar
- Asupan udara tersumbat, artinya ada bahan bakar tetapi tidak ada udara
- Sistem bahan bakar mungkin memasok terlalu banyak atau terlalu sedikit bahan bakar ke dalam campuran. Akibatnya, pembakaran tidak terjadi dengan baik di dalam mesin.
- Akhirnya, mungkin ada kotoran dalam bahan bakar (yaitu air di tangki bahan bakar) yang menyebabkan bahan bakar tidak terbakar. Hal ini sering terjadi ketika bahan bakar telah berdiri di dalam tangki untuk waktu yang lama.
Sebagai bagian dari layanan rutin generator set siaga, selalu praktik terbaik untuk menguji bahan bakar untuk memastikan tidak menyebabkan kesalahan di masa mendatang.
4. Kontrol Tidak Dalam Otomatis
Ketika panel kontrol Anda menampilkan pesan “Not in auto”, ini adalah akibat dari kesalahan manusia, biasanya karena sakelar kontrol utama dibiarkan dalam posisi mati/setel ulang. Saat dalam posisi ini, genset mungkin tidak dapat dihidupkan jika terjadi pemadaman listrik.
Periksa panel kontrol generator Anda secara teratur untuk memastikan pesan ‘not in auto’ tidak ditampilkan. Ada banyak kesalahan lain yang ditampilkan pada panel kontrol yang dapat menyebabkan genset tidak dapat dihidupkan. Cari tahu lebih lanjut tentang ini dan cara mengatur ulang di .
Semoga tulisan ini dapat memberikan beberapa wawasan tentang alasan umum mengapa genset susah di starter / gagal untuk memulai. Penting untuk diingat bahwa generator set, seperti halnya mobil, perlu diservis secara teratur.
Klik di sini untuk mengetahui tentang layanan genset diesel yang kami sediakan bersama dengan berbagai layanan pemeliharaan untuk memenuhi kebutuhan Anda.