Bagaimana cara merawat Genset dengan baik dan benar ??

Simak Tips Merawat Genset Supaya Awet...

Agar genset selalu dalam keadaan baik, perawatan genset mutlak harus dilakukan. Perawatan atau pemeliharaan genset harus dilakukan dengan baik sesuai petunjuk pada buku manual genset.

Berikut Tips merawat genset dengan baik.

Tips merawat Genset

Layanan Kami

Tune Up

Maintenance

Overhoul

Panel AC - DC

Panel ATS - AMF

Panel Capasitor Bank

Rewinding Generator

Alternator Charger

Dynamo Startor

Turbo Charger

Water Pump

Radiator dll

11 Tips merawat Genset
Dengan Baik & Benar

Tempatkan Genset di tempat rata & kering

Tempatkan Genset di permukaan rata karena saat beroperasi genset menimbulkan getaran yang kuat. Kondisi ruangan yang beratap agar terlindungi dari hujan dan terik matahari yang bisa menyebabkan korsleting.

Gunakan Genset sesuai panduan Operasional

Jalankan mesin genset sesuai buku petunjuk pengoperasian genset. Sebaiknya jangan menjalankan mesin genset jika belum mengetahui dengan baik.

Jaga sirkulasi udara dalam ruangan genset

Jika genset dalam ruangan pastikan mempunyai sirkulasi udara yang baik, hal ini berfungsi untuk membuang gas buang dari knalpot beracun saat operasional.

Menjaga kebersihan genset

Bersihkan Genset dari kebocoran oli & debu atau kotoran yang menempel secara teratur, jangan menaruh barang yang tidak di perlukan. Perawatan yang baik akan membuat Genset selalu bersih dan berada pada kondisi optimal.

Hindari beban berlebih (Overload)

Generator mempunyai sebuah circuit breaker (MCCB) untuk pengaman beban lebih yang akan bekerja (trip) saat kelebihan beban. Jika hal ini terjadi maka harus dilakukan pengurangan beban sebelum menghidupkan genset kembali.

Matikan genset pada keadaan abnormal

Jika genset dirasa beroperasi tidak wajar seperti getaran yang sangat tinggi, suara kasar, tersendat sendat, indikator ketidakwajaran lainnya maka segera matikan genset dan lakukan perbaikan.

Pastikan kabel genset terpasang dengan baik

Kabel power & kabel lainnya harus terpasang dan tertata dengan baik dan benar untuk menghindari hubungan singkat. Perhatikan petunjuk / kode pada stiker di terminal output. Kencangkan setiap kabel yang dipasang, jangan sampai kendor karena dapat mengakibatkan bahaya.

Periksa Kondisi Bahan Bakar

Sebelum genset digunakan periksa BBM di dalam tangki penampungan dalam keadaan cukup atau jika perlu dalam kondisi penuh. Pada genset bermesin diesel pastikan solar dalam keadaan cukup atau penuh agar mesin tidak masuk angin.

Cek kondisi Air Aki dan oli mesin

Periksa kondisi air aki jika masih menggunakan aki basah, pastikan air aki berada di level optimum. Ganti oli secara teratur agar kondisi mesin terawat.

Panaskan mesin secara teratur

Hidupkan genset dengan rutin sebulan sekali dalam keadaan tidak terbebani listrik. Untuk memastikan bahwa mesin genset berfungsi normal dan bertujuan mensirkulasikan oli.

Service berkala & mengganti Spare Parts yang Sudah Aus

Lakukan Service atau maintenance dan ganti Spare Parts secara berkala untuk menjaga mesin selalu optimal dan menghindari kerusakan yang lebih parah

error: Content is protected !!
Ada pertanyaan?
Segera konsultasikan